Jumat, 27 Februari 2015 - 11:56:14 WIB
Wisata Sejarah di Nanchang, Confucious Temple
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hiburan - Dibaca: 289 kali

Confucious Temple atau disebut juga dengan da cheng dian  adalah sebuah tempat wisata yang terletak di kota Nanchang Provinsi Jiangxi,Tiongkok. Lokasi wisata ini bertempat di jalan Sheng Jin Ta. Kong zi adalah seorang edukator, ahli pikir, dan juga ahli filsafat yang berpengaruh besar di Tiongkok. Menurut kisah sejarah, Kong zi memiliki seorang murid yang bernama Zi Yu. Zi Yu memiliki wajah sangat buruk, sehingga Kong zi sangat tidak menyukainya. Oleh karena itu, Zi Yu pergi dan melakukan perjalanan hingga ke selatan, yaitu Nanchang. Di Nanchang, Zi Yu memiliki karir pendidikan yang luar biasa, dan mampu merekrut 300 murid. Mendengar hal tersebut, Kongzi merasa menyesal dan mengucapkan “Wu Yi mao qu ren, shi zhi yu” , yang artinya  “Saya menilai seseorang dengan penampilannya, dan saya kehilangan Zi Yu”. Olehnya itu, Da Cheng Hall ini dibangun sebagai simbol evaluasi untuk keturunan kong zi di masa akan datang.

Pada bangunan Da Cheng Hall ini terletak tiga patung perunggu Kong Zi, Yan Hui, dan Zi Yu. Terdapat pula ukiran batu yang menggambarkan perilaku suci dari Kongzi juga terdapat pahatan patung tembaga tentang “Kelahiran Kong Zi” dan “Penjelajahan Kong Zi”.  Selain Da Cheng Hall, tempat wisata ini juga terdapat beberapa spot yang sangat menarik bagi pengunjung. Spot tersebut adalah Menara Sheng Jin, Panggung Drama Long Xing, Gambar Tujuh Gerbang Nanchang, dan deskripsi tentang Sheng Jin Ta Street. Semua tempat wisata tersebut berada di satu lokasi yang sama.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati bangunan-bangunan khas Jiangxi di masa lampau. Tempat ini juga menyediakan hiburan visual, yaitu Drama Long Xing yang menggunakan efek layar dari air dan asap. Beberapa patung bergerak dan efek lampu menambah suasana yang sangat nyata bagi pengunjung. Bahkan pengunjung bisa merasa merinding karena penampakan Naga yang seolah-olah sangat dekat dengan kita.

Di Lokasi ini tidak hanya mengenyangkan mata, tapi juga mengenyangkan perut dan lidah pengunjung. Di lokasi tersebut, banyak terdapat restauran khas Jiangxi ataupun makanan khas Tiongkok lainnya. Aroma masakan yang sedap saja sudah bisa tercium saat memasuki gerbang. Salah satu hal menyenangkan lainnya dari tempat ini adalah tidak ada biaya tiket masuk, sangat cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan.

(Arini Junaeny. Penulis adalah Alumni Fakultas Sastra Unhas Makassar yang sedang menempuh Pendidikan S2 di Nanchang University)



    Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)