Senin, 14 Januari 2013 - 12:39:30 WIB
Tim Tari Saman NCU, Setahun Tampil 10 kali
Diposting oleh : Ketua Umum
Kategori: Hiburan - Dibaca: 27879 kali

 

Tari Saman adalah tari yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang sangat terkenal, ditampilkan dalam posisi duduk berjajar  dan dilakukan oleh banyak orang, yang memadukan antara kekompakan gerakan dan suara penarinya, Tari Saman sejak November 2011 tercatat sebagai salah satu warisan budaya dunia non bendawi dari Indonesia yang diakui UNESCO.

Tari ini juga banyak ditampilkan dalam penampilan kesenian Indonesia ketika di luar negeri baik acara resmi kenegaraan maupun acara mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Kiprah Tim Tari Saman Mahasiswa Indonesia di Nanchang University (NCU)

Tim Tari Saman mahasiswa NCU mulai terbentuk bulan November 2011 yang semuanya adalah mahasiswa baru angkatan pertama di kampus NCU dalam wadah Indonesian Student Community of Nanchang University  (organisasi embrio dari PPI Tiongkok Cabang Nanchang), sekedar catatan, tahun 2011 adalah tahun pertama mahasiswa Indonesia di Nanchang University yang berjumlah 30 orang, semuanya program beasiswa dari pemerintah China yang terdiri dari 19 orang mengambil S2 dan 11 orang program kursus pendek satu tahun bahasa mandarin.

Keinginan kuat dalam mengenalkan budaya Indonesia di kampus tersebut menjadi penyemangat latar belakang dibentuknya tim ini, Tim Saman dilatih oleh Baihaki mahasiswa asal Aceh yang mengambil S2 Jurusan Jurnalistik, pertama kali dibentuk, anggota Tim berjumlah 21 orang yang terdiri dari 18 penari dan tiga offisial dan semuanya tidak pernah punya pengalaman menari saman dan tidak punya dasar menari sebelumnya.

Yang menarik, Baihaki sebagai pelatih mengkolaborasikan tarian saman dengan beberapa gerakan tarian dari beberapa daerah salah satunya tari kecak dari Bali, sehingga tim ini juga mempunyai nama lain yaitu tim Rampoe Indonesia yang berarti bersatunya Indonesia.

Debut pertamanya adalah tampil di acara pembukaan Chinese Competition for Foreigner NCU  tanggal 19 Desember 2011, penampilan yang cukup fenomenal adalah ketika tampil dalam Festival Tahun Baru 2012 NCU, penampilan tersebut melewati proses seleksi yang cukup panjang dan ketat sebelumnya, karena acara tahunan kampus tersebut adalah acara budaya yang paling bergengsi dan prestisius.

Acara yang dihelat tanggal 31 Desember 2011 tersebut ditonton lebih dari 10.000 orang, diantara sekitar 20 tim yang tampil, tim Saman adalah satu-satunya perwakilan dari mahasiswa asing di NCU dan menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi tim yang baru dibentuk sebulan sebelumnya.

Dalam catatan penampilan mereka,  selama bulan Desember 2011 tampil sebanyak empat kali, sementara sepanjang tahun 2012, Maret satu kali, Juni dua kali dan Desember tiga kali.

Pada November 2012 tim mengalami perubahan formasi anggota karena sebagian anggota tim kembali ke tanah air, dalam formasi barunya, tim tersebut berjumlah total 20 penari dan tiga offisial, terdiri dari 12 orang baru, delapan adalah mahasiswa baru angkatan 2012 dan empat lainnya adalah mahasiswa S2 asli China.

Empat mahasiswa asli China yang semuanya perempuan tersebut sangat antusias dalam berlatih bersama mahasiswa Indonesia lainnya dan mereka juga terlibat penuh dalam tiga kali penampilan di bulan Desember tahun lalu.

Sementara penampilan di bulan Desember 2012 lalu yaitu pada acara Pesta Budaya Tahun Baru Fakultas Humaniora NCU, Pesta Budaya Malam Tahun Baru Mahasiswa Pascasarjana NCU dan Pesta Budaya Malam Tahun Baru Mahasiswa Pascasarjana Jiangxi Agriculture University, dalam tiga kali tampil tersebut Tim mendapatkan sponsor dari Fakultas Humaniora NCU salah satunya berupa kostum penari.

Pada penampilan di Pesta Malam Tahun Baru Mahasiswa Pascasarjana NCU, Tim mendapatkan apresiasi menjadi penampil favorit kedua pilihan penonton dan dewan juri.

Akhir tahun 2012 kemarin juga menjadi momen yang sangat bersejarah bagi Tim Tari Saman mahasiswa Indonesia di Nanchang University (NCU), pertama kalinya mereka tampil diluar kampus yaitu di Jiangxi Agriculture University sekaligus menjadi penanda tampilan mereka yang kesepuluh dalam waktu setahun.

Mengawali tahun 2013 ini tim Saman mulai berkiprah dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat kota Nanchang di luar kampus NCU yaitu pada 15 Januari tampil dalam sebuah peresmian rumah makan di sebuah pusat industri kota Nanchang dan pada tanggal 28 Januari tampil dalam sebuah pesta budaya organisasi veteran masyarakat Nanchang.

Formasi Tim Tari Saman angkatan pertama : Agus Fathuddin (Manajer),  Beni dan Fatquri (Offisial), Baihaki (Pelatih), Sulaiman (Vokalis), Penari : Zuhri, Khoiruddin, Najib, Jufrizal, Albert, Nurwidianto, Nadine, Milah, Sufang, Neli, Novita, Selvi, Christin, Hanum, Giska dan Icha.

Tim angkatan kedua: Agus Fathuddin (Manajer),  Beni dan Fatquri (Offisial), Baihaki (Pelatih), Sulaiman (Vokalis), Penari : Zuhri, Khoiruddin, Najib, Nurwidianto, Milah, Neli, Marwah, Fadrianis, Ninik, Maya, Nasyrah, Rini, Inun, Nur, Li Yanyan, Zhang Li, Sansan dan Ying Xia.

Video penampilan tim saman NCU bisa di akses di:

http://v.youku.com/v_show/id_XMzQwMDg0Njcy.html

atau http://www.youtube.com/watch?v=LlzYHl3aIxo

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)