Kamis, 11 April 2013 - 09:26:24 WIB
Tiga Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan AIMUN 2013 Peking University
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Edukasi - Dibaca: 419538 kali

 

Tiga Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan AIMUN 2013 Peking University

 

BEIJING, Tiga mahasiswa Indonesia terpilih menjadi peserta terbaik dalam ajang Asian International Model United Nation (AIMUN) di Kampus Peking University, Beijing, China,  tanggal 27-31 Maret kemarin. Dua orang dari Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas) yaitu Sitti Marwah (Jurusan Hubungan Internasional) dan Biondhi Sandhasima (Jurusan Hubungan Internasional) serta satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) yaitu Vivi.

Biondhi menyabet gelar ‘’Best Delegate UNICEF’’ sedang Sitti Marwah dan Vivi sama-sama meraih ‘’Best Position Paper“  dengan tema yang berbeda yaitu Penyelamatan Bahasa yang Terancam Punah dan Climate Change and Sustainable Transportation.

‘’Alhamdulillah kami bersyukur, tidak menyangka bisa berada di arena internasional seperti ini,’’ tutur Marwah. Biondi dan Sitti Marwah adalah mahasiswa Unhas yang bukan berangkat dari Indonesia, melainkan dari Nanchang University, Provinsi Jiangxi, China. Mereka sempat mengikuti program pendidikan bahasa Mandarin selama enam bulan di perguruan tinggi itu.

Semula para peserta dari Indonesia tidak yakin bahwa mereka dinyatakan sebagai peserta terbaik. Dengan diiringi gemuruh tepuk tangan peserta, mereka menerima  mendapatkan penghargaan tersebut.

AIMUN merupakan kegiatan simulasi Sidang PBB yang bertujuan mengenalkan kepada generasi muda bagaimana proses persidangan di organisasi persahabatan dunia itu. ‘’Dalam forum itu kami betul-betul dilatih dan langsung praktik berdiplomasi dengan sesama mahasiswa dari berbagai Negara. Tentu saja kemampuan bahasa asing menjadi tuntutan,’’ tutur  Maya, salah satu peserta.

Mereka merasa bersyukur karena meskipun tidak difasilitasi oleh negara, anak-anak bangsa bisa menunjukkan prestasi terbaik di kancah internasional. Kegiatan tersebut diikuti 118 peserta dari 13 negara di Asia. ‘’Mereka mewakili berbagai perguruan tinggi ternama di Asia,’’ ujar Nelly mahasiswa asal Makassar yang mengikuti acara tersebut. (Agus Fathuddin Yusuf)

 

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)