Selasa, 03 Maret 2015 - 23:36:26 WIB
Mengapa Pilih Kuliah ke Luar Negeri?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Edukasi - Dibaca: 1750 kali

JAKARTA Kuliah di luar negeri kian menjadi pilihan, terutama karena banyak pelajar ingin mendapat dasar pendidikan internasional sebagai bekal menghadapi persaingan global. Alasan pelajar Indonesia berkuliah di luar negeri pun beragam.

Ahmad Syaifuddin Zuhri memilih kuliah di negeri asing karena mendapat tawaran beasiswa dari Kedutaan Besar (Kedubes) China di Jakarta dan sebuah lembaga keagamaan di Semarang. Ahmad kini kuliah di Nanchang University, China.

"Kami menerima beasiswa ini sesuai pilihan studi masing-masing. Satu rombongan kami dari Jawa Tengah ada sembilan orang yang berlatar belakang remaja masjid dan pesantren di Jawa Tengah," ujar Ahmad, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Mahasiswa master jurusan hubungan internasional itu melanjutkan, dia berangkat pada September 2011 dan akan menyelesaikan masa studi pada Juli 2015. Teman-teman satu rombongan Ahmad juga sedang menempuh studi S-2 pada berbagai disiplin ilmu seperti jurnalistik, ekonomi, teknologi informasi (TI), perikanan, kajian agama, matematika, dan hubungan internasional (HI).

"Tahun pertama di China wajib ikut kelas bahasa mandarin selama satu tahun, setelah itu baru mengambil S-2 pada 2012. Jadi, total empat tahun. Belajar bahasa mandarin satu tahun dan menempuh studi S-2 selama tiga tahun," ucapnya.

Sementara Achmad Firdaus memilih menjalani studi di National University of Singapore (NUS). Selain untuk mencari pengalaman, dia juga ingin memperluas hubungan dengan teman-teman dari berbagai negara.

"Selain itu, tentu saja faktor kualitas. Bukan berarti perguruan tinggi di Indonesia enggak berkualitas, tapi mungkin ada sistem atau konsep perkuliahan di NUS yang berbeda dengan kampus di Tanah Air. Misalnya, NUS kan lebih berbasis pada research university, dan saya pikir itu sangat relevan dengan disiplin ilmu saya pada bidang science engineering," kata Firdaus.

Cowok yang mengambil jurusan remote sensing ini menempuhstudi di luar negeri dengan biaya sendiri. Menurutnya, beasiswa untuk studi di Singapura sangat minim karena pelajar-pelajar di Indonesia kurang berminat kuliah di sana.

"Mungkin pemerintah gengsi kasih beasiswa kalau cuma studi ke negara tetangga. Tapi, Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, bisa juga dapat beasiswa di kampus yang disediakan untuk international students plus sering juga dapat grant untukresearchers assistant. Cukuplah untuk membantu biaya kuliah dan berbagai keperluan," kata Pengurus International Student Society NUS itu.

Bagi Ryvo Octaviano, kuliah di luar negeri merupakan impian sejak lulus SMA. Pada 2006, dia sempat mengikuti seleksi masuk jurusan Teknik Elektro di Nanyang Technological University (NTU), Singapura.

"Namun karena tidak berhasil memperoleh beasiswa, cita-cita menjadi pelajar internasional akhirnya ditunda," tuturnya.

Meski gagal kuliah di luar negeri, Ryvo diterima pada jurusan yang sama di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan kemudian berkesempatan melanjutkan S-2 di Belanda. Kini, Ryvo tercatat sebagai mahasiswa jurusan Master Systems and Control (Mechanical Engineering) di Technological University (TU) Eindhoven, Belanda.

"Kuliah di luar negeri berarti membuka wawasan yang lebih luas dengan melihat bagian belahan dunia yang lain," ujar Ryvo.

Menurutnya, level pendidikan dan fasilitas yang lebih tinggi membuat kita terpacu untuk bersaing secara global dengan mahasiswa asing dan belajar lebih giat lagi. Selain itu, imbuh Ryvo, berkuliah di luar negeri juga menuntut kita hidup lebih mandiri, karena jauh dari keluarga dan Tanah Air.

"Tantangan inilah yang memacu saya untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Ada petuah, 'Tuntutlah ilmu sampai negeri China'. Kalau saya, pilih ke Eropa saja," katanya.

 

(rfa)

Ditulis oleh Rachmad Faisal Harahap (Jurnalis Okezone) 

Dimuat di http://news.okezone.com/read/2015/03/03/65/1112970/mengapa-pilih-kuliah-di-luar-negeri pada Selasa, 3 Maret 2015 - 13:08 wib 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)