Sabtu, 07 Maret 2015 - 21:17:16 WIB
Alasan Pilih Kuliah di Luar Negeri
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Edukasi - Dibaca: 1598 kali

JAKARTA - Setiap mahasiswa yang kuliah di luar negeri memiliki alasan masing-masing. Ada yang menyebut jarak, ada juga yang melihat mutu pendidikan sebagai faktor pendorong merantau untuk menuntut ilmu.

Sitti Marwah, misalnya, memilih China sebagai destinasi pendidikankarena ingin menguasai bahasa Mandarin langsung dari sumbernya. Marwah kini menempuh studi S-2 jurusan Chinese Language and Literatur.

"Jarak antara Indonesia dengan China juga tidak terlalu jauh," kata Marwah dalam surat elektroniknya kepada Okezone, belum lama ini.

Selain itu, Marwah juga memilih China karena penasaran dengan Negeri Tirai Bambu yang kini menjelma menjadi raksasa ekonomi dunia. Dengan bersekolah di China, Marwah bisa tahu persis bagaimana perkembangan dan kemajuan negara tersebut.

"Bisa melihat pola kerja, pola hidup mereka, regulasi pemerintahnya bagaimana dan yang paling penting generasi mudanya," imbuhnya.

Marwah mengimbuhkan, meski banyak pelajar Indonesia yangbersekolah di luar negeri, tidak berarti pendidikan di Indoesia kurang baik.

Sementara itu, Defira Monied memilih Prancis sebagai tujuan studi karena melihat latar belakang akademis di negara tersebut.

"Di Prancis ada pengadilan HAM Eropa, tepatnya di Strasbourg. Dan di bidang itu nantinya saya akan berkecimpung," ungkap Oned, demikian dia biasa disapa.

Selain itu, mahasiswi jurusan hukum tersebut menilai, biaya kuliah di negara romantis itu cukup terjangkau. Hal ini, kata Oned, jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di Amerika.

"Lulusan perguruan tinggi Prancis sama terpandangannya dengan lulusan Amerika," imbuhnya.

 

(rfa)

Penulis: Afriani Susanti (Jurnalis Okezone)

Dimuat di http://news.okezone.com/read/2015/03/06/65/1114494/alasan-pilih-kuliah-di-luar-negeri

pada:Jum'at, 6 Maret 2015 - 09:24 wib 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)