Sabtu, 21 Januari 2017 - 14:31:50 WIB
PPIT NANCHANG MENGGELAR FESTIVAL INDONESIA-SPECTANDALAS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Budaya - Dibaca: 2447 kali

Sabtu 19 November 2016, bertempat di Gedung Music Hall Universitas Nanchang, mahasiswa Indonesia di Nanchang yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajarar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang menggelar Festival Indonesia yang bertema SpectAndalas. SpectAndalas sendiri berasal dari kata Spektakuler dan Andalas (Sumatera).

Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk memperkenalkan Indonesia di China khususnya kepada mahasiswa lokal dan mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Kota Nanchang. Sementara itu, untuk pengangkatan Andalas menjadi tema acara kali ini adalah untuk memperkenalkan indonesia secara spesifik dan mendalam. Mulai dari tahun lalu PPIT Nanchang sudah memulai menggelar festival dengan mengangkat tema secara khusus yaitu Celebes Enchantment untuk memperkenalkan pulau Sulawesi secara khusus.

Festival Indonesia-SpectAndalas dimulai dengan tari lilin untuk menjemput para tamu kehormatan dan tamu undangan yang sudah hadir, setelah itu baru acara di buka secara resmi oleh MC dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Lagu Indonesia raya kemudian dibawakan oleh tim paduan suara, selanjutnya adalah laporan ketua panitia oleh Yayu Basikon, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama di sampaikan oleh Ketua PPIT Nanchang (Sitti Marwah), sambutan kedua oleh wakil direktur international Exchange Collage Xiao Lin, sambutan ketiga oleh wakil direktur Chinese Foreign Affairs Kota Nanchang  Gan Yu Hong dan sambutan terakhir oleh vice consul for Socio Culture Affairs, KJRI SHANGHAI (Mr. Braviono Adilaksono) yang sekaligus membuka acara simbolis dengan pemotongan tumpeng.

Setelah pembukaan secara simbolik, acara kemuadian dialnjutkan dengan pemutaran Selayang Pandang Pulau Sumatera.  Menyanyikan lagu Indonesia Pusaka, penampilan tari pembumbum, penanpilan double stick oleh salah satu mahasiswa asing dari Jordan, duet lagu melayu, Tari Rebana, paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu daerah Sumatera, Tari Hombelo, fashion show dan Tari Saman.

Fashion Show kali ini sangat spektakuler karena di peragakan oleh 22 mahasiswa asing dari lima belas Negara berbeda diantaranya: Inggris, Amerika, Rusia, Prancis, Jordan, Turkmenistan, Uzbekistan, Madagaskar, Afrika,  India, Korea Selatan, Vietnam, China dan Indonesia Sendiri.  ke 22 mahasiswa asing ini menggunakan dan memperagakan pakaian tradisional dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh beberapa tamu kehormatan diantaranya: Konsulat Jenderal RI Shanghai, Pemerintah Kota Nanchang, International Exchange Collage, General Manager Vivo Indonesia, Jiangxi TV,  beberapa Guru Besar dan dosen di Universitas Nanchang. Para mahasiswa lokan dan Asing sangat antusias menyaksikan Festival ini, mereka rela berdiri berjam-jam  karena kehabisan tempat duduk.

Acara kali ini turut pula dimeriahkan oleh beberapa games yang dibuat untuk memperkenalkan Indonesia, diantaranya melafalkan percakapan bahasa indonesia, menyebutkan nama-nama kota yang ada di indonesia, dan lain sebagainya. Dan sangat mengejutkan ketika beberapa diantara mahasiswa lokal dan asing  sudah mengenal indonesia sejauh itu dengan menjawab games secara baik dan  benar.

Selain games ada beberapa doorprize, diantaranya dua Ransel Wonderful Indonesia dan tiga Handphone persembahan dari VIVO Indonesia.

Yayu Basikon dalam laporannya sebagai ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada KBRI Beijing, KJRI  Shanghai yang sudah mendukung acara ini, kemudian ucapan terimakasih pula kepada Sponsor dan Donatur yang membatu secara financial, selanjutnya ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pengisi acara yang berlatih keras selama dua bulan untuk memberikan penampilan yang spektakuler, selanjutnya apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia yang sudah bekerja keras siang dan malam untuk mempersiapkan acara dan menjahit semua baju penari dan membuat aksesoris semua pengisi acara.

 “Saya terharu dan bangga terhadap usaha teman-teman yang dengan sepenuh hati bekerja keras untuk menyukeskan Festival ini. Hal ini tidak gampang, belum lagi adanya dinamika kondisi kepanitiaan selama proses persiapan, keluhan dan tekanan terjadi silih berganti. Tapi perjuangan kami tidak sia-sia karena kita telah lalui bersama dan kami telah menampilkan yang terbaik sehingga membius semua penonton yang hadir dengan penampilan yang maksimal. Meliha penonton takjub dan sangat bahagia melihat festival ini membuat kami sangat bangga” Ucap Dian Sari Unga Waru yang menjadi coordinator acara pada festival kali ini.

Menurut Ketua PPIT Nanchang, Pesan yang ingin kami sampaikan dalam Festival ini  adalah  festival merupakan wujud kecintaan kami terhadap Indonesia, dan kami bangga berbangsa Indonesia. Festival ini juga untuk mepromosikan dan memperkenalkan kekayaan  budaya indonesia kepada mahasiswa lokal dan Asing. Dia juga berharap agar dengan diadakannya Festival Indonesia Ini mahasiswa Indonesia dan Mahasiswa China serta mahasiswa lokal semakin dekat, saling memahami budaya masing-masing  sehingga bisa terjalin keakraban yang erat satu sama lain. Selanjutnya diharapkan melalui persahabatan para mahasiswa Indonesia dan Mahasiswa China ini bisa membawa persahabatan Indonesia dan China semakin dekat dan erat.

 

Penulis: Sitti Marwah  

Ketua PPIT Nanchang

http://mediaaceh.co/news/ppit-nanchang-gelar-festival-indonesia-spectaandalas-14416

 

 

 

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)