Profil PPI Tiongkok Cabang Nanchang
Diposting tanggal: 12 Januari 2013

Terbentuknya organisasi induk pelajar dan mahasiswa di Tiongkok yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) pada Kongres Pertama tanggal 28 Oktober 2012 yang didukung penuh oleh KBRI Beijing menjadi catatan awal sejarah kepemudaan Indonesia khususnya di Tiongkok.

Wadah organisasi sangat dibutuhkan bagi pelajar khususnya di luar negeri karena banyaknya hal yang perlu dipecahkan bersama dalam urusan-urusan yang terkait dengan proses belajar dan lainnya selama tinggal di luar negeri.

Walaupun sebelum terbentuknya PPI Tiongkok sudah ada organisasi kepemudaan di beberapa kota di Tiongkok dan mereka bersedia dilebur menjadi satu nama menjadi PPI Tiongkok, tetapi di beberapa kota lainnya masih ada yang belum punya wadah organisasi salah satunya adalah kota Nanchang Propinsi Jiangxi.

Kota Nanchang adalah ibukota dari propinsi Jiangxi yang terletak di bagian tenggara Tiongkok. propinsi Jiangxi berbatasan dengan Propinsi Anhui di utara, Hubei di sebelah barat laut, Hunan di sebelah barat, Guangdong di selatan, Fujian di sebelah timur dan Zhejiang di sebelah timur laut, saat ini menjadi kota yang sedang berkembang pesat dalam proses pembangunan di segala bidang, karena menjadi kota yang baru berkembang itulah mungkin kota ini tidak cukup dikenal dan belum menjadi favorit untuk dijadikan pilihan bagi orang diluar Tiongkok khususnya dari Indonesia  dalam pemilihan tempat belajar.

Mahasiswa Indonesia tercatat pertama kali masuk di kota ini tahun 2004 di Jiangxi Normal University dan seiring berjalannya waktu semakin banyak mahasiswa Indonesia belajar di kampus tersebut, pada tahun 2011 gelombang mahasiswa Indonesia cukup besar sebanyak 30 orang mulai masuk di kampus lainnya yaitu Nanchang University yang sebagian belajar bahasa Mandarin dalam satu tahun dan sebagian lainnya mengambil program strata 2.

Sampai Desember 2012 tercatat ada tiga perguruan tinggi yang terdapat mahasiswa dari Indonesia yaitu Jiangxi Normal University sebanyak sekitar 60 orang, Nanchang University  44 orang dan Jiangxi Agriculture University satu orang.

Berangkat dari itulah wadah organisasi bersama sangat dibutuhkan bagi para pelajar di kota Nanchang sebagai sarana berbagi informasi, komunikasi dan merekatkan jalinan persaudaraan sesama anak bangsa serta sebagai pengemban dalam mengenalkan budaya Indonesia ke bangsa lainnya khususnya Tiongkok.

Pada tanggal 25 November 2012 menjadi catatan awal sejarah penting bagi mahasiswa Indonesia di kota Nanchang yaitu menyelenggarakan Rapat Umum Pertama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang dan sekaligus sebagai awal dari organisasi pelajar Indonesia yang ada di kota Nanchang.

Acara yang bertempat di aula gedung asrama mahasiswa internasional Nanchang University dan dihadiri sekitar 50 mahasiswa dari Jiangxi Normal University, Nanchang University dan Jiangxi Agriculture University tersebut juga menjadi penanda berdirinya organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Nanchang.

Peserta rapat umum juga memutuskan memilih Ahmad Syaifuddin Zuhri, mahasiswa S2 Jurusan Hubungan Internasional Nanchang University sebagai ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang periode 2012-2013.